Senin, 07 Agustus 2017

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan

https://manfaatbuah-bagitubuh.blogspot.com/
Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan - Jeruk nipis merupakan varian jeruk berukuran kecil, berwarna hijau yang sangat akrab dengan ibu-ibu rumah tangga. Biasanya  jeruk nipis menjadi salah satu bumbu penambah rasa asam dalam masakan. Air buah jeruk nipis ini sering digunakan untuk menetralisir bau amis pada beberapa bahan makanan. Tapi siapa sangka, ternyata banyak khasiat di dalam sebuah jeruk nipis. Mari kita bahas beragam manfaatnya.

Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis

Di dalam jeruk nipis terdapat sejumlah kandungan yang membuatnya memiliki sejuta manfaat yakni :

1. Macronutrients, Serat dan Kalori

1 cangkir air jeruk nipis segar mengandung 1 gram protein, 0,17 gram total lemak, yang merupakan 2 persen dari nilai harian yang ditetapkan oleh Amerika Serikat Food and Drug Administration berdasarkan diet 2.000 kalori per hari. Mengandung sekitar 20 gram karbohidrat, 1 gram serat dan 60 kalori. Selain itu, air jeruk nipis memiliki jumlah sejumlah lemak yang bebas kolesterol.

2. Nilai Micronutrient

Jeruk nipis kaya akan vitamin C. 1 cangkir air jeruk nipis segar mengandung 73 miligram, yang lebih dari 100 persen nilai harian vitamin C http://www.daftaridnplay.org/ yang dibutuhkan tubuh. Vitamin C sangat penting untuk pengembangan jaringan ikat tubuh, untuk penyembuhan luka dan mendukung dinding pembuluh darah. Jeruk nipis mengandung mikronutrien penting lainnya dalam jumlah yang lebih kecil, termasuk kalsium, magnesium, kalium, fosfor, vitamin A dan vitamin B.

3. Kaya flavonoid

Flavonoid adalah pigmen yang memberikan warna tanaman mereka. Buah jeruk dan jus mereka kaya flavonoid, yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Antioksidan membantu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang merusak sel-sel sehat. Menurut Linus Pauling Institute, diet kaya flavonoid terkait dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, penyakit saraf degeneratif seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson, dan kanker tertentu.

4. Kandungan Asam sitrat

Asam sitrat inilah yang membuat rasa asam getir jeruk nipis yang mungkin memberikan perlindungan berharga bagi tubuh. Dalam sebuah studi yang menyelidiki aktivitas antibakteri dari air jeruk nipis terhadap spesies bakteri berbahaya, air jeruk nipis efektif dalam mengurangi penyebaran bakteri karena asam sitrat dalam jus.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam “Journal of Science Gizi dan Vitaminology “pada bulan April 2006. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jeruk nipis segar efektif dalam mencegah infeksi bakteri tertentu.

6. Kandungan Mineral

Jeruk nipis mengandung sejumlah mineral sehat seperti besi, tembaga, kalium, dan kalsium. Kalium dalam sebuah komponen penting dari sel dan cairan tubuh membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Manfaat jeruk nipis bagi kecantikan adalah buah No.1 di dunia, ia sangat ampuh untuk berbagai masalah kulit bahkan kesehatan sekalipun.

1. Pencernaan

Jeruk nipis memiliki aroma yang membuat mulut menghasilkan air lir dan ini benar-benar membantu pencernaan utama. Keasaman alami akan memecah molekul makro makanan. Kemudian flavonoid senyawa yang ditemukan dalam minyak wangi yang diekstrak dari jeruk nipis, merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu dan asam. Flavonoid juga merangsang gerak peristaltik.

Ini adalah alasan di balik konsumsi acar jeruk nipis dengan makan siang dan makan malam, yang dilakukan di India dan berbagai negara-negara tetangga di wilayah itu.

2. Diabetes

Menurut American Diabetes Association, jeruk nipis dan buah jeruk lainnya dianggap sebagai makanan super untuk diabetes. Terutama, serat larut yang tinggi ditemukan dalam jeruk nipis membuat bantuan makanan yang ideal untuk membantu mengatur penyerapan tubuh dari gula ke dalam aliran darah, mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan risiko serius untuk pasien diabetes.

Jeruk nipis dan buah jeruk lainnya memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti bahwa mereka tidak akan menyebabkan lonjakan tak terduga dalam kadar glukosa, selain manfaat efek serat larut itu.

3. Penyakit Jantung

Serat larut yang sama dapat membantu penderita diabetes, juga menjaga kadar gula darah. Membuat tekanan darah juga lebih rendah dan menghilangkan keberadaan kolesterol LDL (kolesterol “buruk”). Selanjutnya, serat larut dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah, yang merupakan tindakan pencegahan yang dikenal terhadap penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

4. Gangguan Pernapasan

Minyak flavonoid yang diekstrak dari jeruk nipis secara luas digunakan dalam obat-obatan anti-kongestif seperti balm, alat penguap, dan inhaler karena adanya kaempferol. Hanya dengan menghirup aromanya, dapat membantu mengatasi rasa sesak dan mual.

5. Radang Sendi

Salah satu dari banyak penyebab radang sendi adalah kelebihan asam urat yang menumpuk di tubuh. Asam urat adalah salah satu produk limbah yang buang air kecil yang normal akan membersihkan tubuh. Tapi sayangnya, bila terlalu banyak itu bisa membuat rasa sakit dan peradangan dari arthritis bahkan lebih buruk.

Asam sitrat ditemukan dalam buah jeruk seperti jeruk nipis adalah pelarut dimana asam urat dapat larut, meningkatkan jumlah yang dieliminasi dalam urin. Buah jeruk pada umumnya memiliki sifat anti inflamasi, dan dapat digunakan untuk sejumlah isu peradangan.

6. Demam

Jika seseorang menderita demam, air jeruk nipis dapat menjadi obat alternatif. Buah jeruk pada umumnya mampu mengurangi  dan demam sangat tinggi, pasien harus mengkonsumsi jus lemon dan air. Namun, jika demam ringan sampai sedang, jus buah lainnya, terutama jus jeruk seperti jeruk nipis, dapat diberikan untuk mengatasi demam kembali menurun.

Vitamin C, ditemukan dalam konsentrasi tinggi dalam buah jeruk, secara alami menurunkan suhu tubuh.